Recents in Beach

header ads

Gelar di Banten Bukan Hanya “Tubagus” dan “Ratu”


Banten memiliki sejarah panjang baik sebagai kerajaan maupun sebagai kesultanan, Saya telah menceritakan tentang Babad Banten versi cerita para orang tua yang dikemas dalam Babad Banten di Kompasiana, berbicara tentang Banten maka kita juga berbicara tentang Gelar gelar yang disandang para keturunan para leluhur Banten baik dari jalur Hasanudin seorang pangeran buah cinta antara Syarif Hidayatullah yang nota bene cucu Prabu Siliwangi dan Ratu Kawunganten putri Prabu Pucuk Umun.maupun dari jalur Prabu Brawijaya.
Lalu sejak kapan Gelar tubagus muncul ? Syahdan gelar itu muncul dari kesultanan demak yang memberi gelar Tubagus dan Ratu kepada para pangeran dan putri dari Banten yang dianggap memiliki darah Rosulullah dari Fatimah ra , yaitu di jaman Sultan Maulana Yusuf , saat itu Banten dan Demak memiliki hubungan erat sebagai keluarga besar yang terikat dalam tali pernikahan.
Selain Tubagus dan Ratu yang sekarang banyak di pakai masyarakat banten ternyata ada banyak gelar gelar yang sebagian masyarakat tidak mengetahuinya , baik masyarakat luar banten maupun masayakat Banten itu sendiri.
1. Entus Dan Tatu
Entus dan Tatu adalah juga gelar untuk mereka putra putri para tubagus yang juga memiliki garis lurus kepada Sultan Maulana Hasanudin Banten, salah satu mereka yang memiliki gelar ini adalah Ibu dari Ustadz Jefri Al-Bukhari yaitu Ummi Tatu.
2. Entol Dan Siti / Ayu
Entol dan Siti / Ayu adalah gelar yang diberikan Sultan Banten pertama kali kepada Raden Jamparing sehingga mereka yang memiliki gelar adalah mereka memiliki garis lurus kepada Prabu Brawijaya, umumnya yang memiliki gelar ini banyak di temukan di Wilayah menes dan sekitarnya, konon gelar ini muncul setelah Sultan Banten melihat keanehan yang ditunjukan Raden Jamparing.
3. Ayip dan Ipah
Ayip dan Ipah adalah gelar untuk mereka para keturunan syarifah, mereka bertebaran di Banten dan luar banten, mereka juga memiliki garis lurus kepada Syarif Hidayatullah yang keatasnya kepada Fatimah Binti Rosulullah, pemakai gelar ini banyak di temukan di serang.
4. Mas / Permas
Juga adalah gelar yang banyak bertebaran di daerah selatan khususnya lebak dan pandeglang
Itulah gelar gelar yang ada di banten dimana gelar gelar tersebut merupakan ciri bahwa mereka masih memiliki tali persaudaraan satu sama lain, namun perkembangan selanjutnya khususnya gelar tubagus dan ratu adalah gelar yang paling banyak disalahgunakan untuk kepentingan tertentu, penggunaan gelar tubagus dianggap akan lebih dihormati oleh masyarakat Banten umumnya sehingga bermunculan Tubagus tubagus palsu yang sama sekali tak memiliki garis lurus kepada Sultan Banten.
Demikian bahwa setiap gelar memang memiliki latar belakang dan sejarahnya sendiri sendiri namun apapun gelar yang dipunyai tak akan menjadi hujjahnya nanti di hadapan Allah selain Taqwanya…
Wallahu alam

https://web.facebook.com/permalink.php?id=179229282267273&story_fbid=180508812139320&_rdc=1&_rdr
o