Recents in Beach

header ads

Mengenal Syekh Mudayaroh (Keramat Pariuk) Saketi


Syeh mudayaroh
Syeh mudayaroh
Syekh Mudayaroh dikenal sebagai salah satu tokoh ulama Banten tepatnya di kampung Malangnengah Des. Manggungjaya Kec. Bojong- Pandeglang, Beliau dikenal sebagai wali, tidak ada riwayat jelasnya tentang sejarah beliu namun masyarakat setempat mengetahui dan meyakini dari bapak ke kakek dan ke buyut dan seterusnya bahwa beliau seorang alim masyhur banten.
 
Saat ini makamnya ramai dikunjungi dari berbagai daerah, banyaknya perhatian dari penziarah sehingga saat ini tersedia pasilitas jalan sederhana menuju keramat dan gedung untuk berziarah. Selain Syekh Mudayaroh, diketauhi ada beberapa makam kerabat beliau yaitu Syekh Manggung Jaya (nama tersebut saat ini dijadikan nama desa setempat), Tubagus Tanurenda, Nyi Geulis, Syeh Singabarong dan beberapa kerabat lainnya.
 
Lokasi Makam Syekh Mudayaroh (Makam Keramat Pariuk) tidak jauh dari Jl.Saketi -Malimping, dari bibir jalan sekitar 500meter, tidak jauh pula dari Makam Syekh Maulana Mansyuruddin Cikadueun kurang lebih 6 km.
 
Rute menuju keramat Syekh Mudayaroh dari arah Jakarta bisa melalui jalan tol Merak keluar tol Serang Timur, dilanjutkan perjalanan menuju arah kota pandeglang, kemudian dari Pandeglang ambil arah jalan menuju Saketi, setelah sampai pertigaan Saketi (Pasar Saketi) yang tidak jauh dari Syekh Maulana Mansyuruddin Cikadueun, ambil arah menuju Malimping (sekitar 5 KM dari Pasar Saketi) sampailah di lokasi Kampung Malangnengah, orang lebih banyak mengenal Kp. Parakan, dari situ bisa ditanyakan langsung kepada warga setempat keberadaan Keramat Pariuk Syeh Mudayaroh.
 
sungai cilemer
sungai cilemer disebelah timur kramat Syekh Mudayaroh
Komplek makam
pendopo
pendopo tempat berziarah berada di sebelah timur makam syekh mudayaroh