Recents in Beach

header ads

Rukun Shalat Yang Ke Enam: I’tidal



rukun shalat i`tidalInsya Allah kali ini kami akan membahas sedikit banyaknya tentangrukun shalat yang ke enam : I’tidal.
I’tidal dilakukan dengan kembali ke posisi awalnya sebelum ruku’ serta berhenti sejenak di posisi i’tidalnya (Thuma`ninah). I’tidal mesti dilakukan secara menyengaja (Qashad), artinya jika seseorang bangun dari ruku’nya karena terkejut atau takut terhadap sesuatu bukan bertujuan untuk I’tidal maka gerakannya itu tidak dianggap sebagaiI’tidal, sehingga ia harus mengulangi ke posisi ruku’nya kemudian baru bangun untuk melakukan i’tidal.

Hal-hal yang disunatkan ketika I’tidal

1. Ketika bangkit dari ruku’ untuk I’tidal disunatkan mengangkat kedua tangan setentang dengan dua bahunya sambil membaca:

Ų³َŁ…ِŲ¹َ اللهُ Ł„ِŁ…َنْ Ų­َŁ…ِŲÆَهُ

Artinya : “Allah telah mendengar terhadap orang yang memujiNya”.

2. ketika sampai dalam posisi I’tidal disunatkan membaca :

Ų±َŲØَّنَŲ§ Ł„َك Ų§Ł„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ Ł…ِŁ„ْŲ”ُ السَّŁ…َوَŲ§ŲŖِ وَŁ…ِŁ„ْŲ”ُ Ų§Ł„ْŲ£َŲ±ْŲ¶ِ وَŁ…ِŁ„ْŲ”ُ Ł…َŲ§ Ų“ِŲ¦ْŲŖَ Ł…ِنْ Ų“َيْŲ”ٍ ŲØَŲ¹ْŲÆُ

Artinya : ”Wahai Tuhan kami, segala puji bagimu sepenuh langit dan bumi dan segala sesuatu yang Engkau ciptakan sesudah keduanya”.

Bagi orang yang salat sendirian atau Imam yang jamaahnya Mahshurin sunat menambahkan bacaan berikut ini :

Ų£َهْŁ„ُ الثَّنَŲ§Ų”ِ وَŲ§Ł„ْŁ…َŲ¬ْŲÆِ Ų£َŲ­َŁ‚ُّ Ł…َŲ§ Ł‚َŲ§Ł„َ Ų§Ł„ْŲ¹َŲØْŲÆُ وَكُŁ„ُّنَŲ§ Ł„َك Ų¹َŲØْŲÆٌ، Ł„َŲ§ Ł…َانِŲ¹َ Ł„ِŁ…َŲ§ Ų£َŲ¹ْŲ·َيْŲŖ، وَŁ„َŲ§ Ł…ُŲ¹ْŲ·ِي Ł„ِŁ…َŲ§ Ł…َنَŲ¹ْŲŖَ، وَŁ„َŲ§ يَنْفَŲ¹ُ Ų°َŲ§ Ų§Ł„ْŲ¬َŲÆِّ Ł…ِنْك Ų§Ł„ْŲ¬َŲÆُّ

Artinya : “Ucapan hamba yang paling berhak untukmu adalah zat yang terpuji dan mulia dan kami semua hambamu tiada yang kuasa mencegah atas segala yang kau berikan, tiada yang sanggup memberi atas apa yang kau halangi dan tiada manfaat kekayaan seseorang di sisi Engkau”.

3. Membaca Qunut pada salat Subuh ketika i’tidal di rakaat yang kedua, Insya Allah pembahasannya akan kami bahas secara khusus tentang hal ini.

Jika seseorang ragu dengan keabsahan I’tidalnya sedang ia melakukan sujud maka wajib kembali untuk melakukan I’tidal secara sempurna apabila orang tersebut tidak sedang bermakmum kepada Imamnya (orang yang salat sendirian atau Imam). Adapun bagi orang yang sedang bermakmum kepada imamnya jika sudah terlanjur sujud tidak boleh kembali untuk melakukan I’tidal yang diragukannya, akan tetapi setelah Imam selesai dari shalat, wajib baginya untuk menambah rakaat salatnya.

Referensi :

1. Hasyiah Qalyubi Wa ‘Amirah Juz 1 Hal. 156 Cet. Toha Putra


(السادس الاعتدال قائما) Ł„Ų­ŲÆŁŠŲ« «Ų«Ł… ارفع حتى ŲŖŲ¹ŲŖŲÆŁ„ قائما» متفق Ų¹Ł„ŁŠŁ‡ ŁˆŲ§Ł„Ł…ŲµŁ„ŁŠ قاعدا يعود ŲØŲ¹ŲÆ Ų§Ł„Ų±ŁƒŁˆŲ¹ ؄لى Ų§Ł„Ł‚Ų¹ŁˆŲÆ (مطمئنا) لما في حديث Ų§Ł„Ł…Ų³ŁŠŲ” صلاته في رواية ابن حبان ŁˆŲŗŁŠŲ±Ł‡ «ŁŲ„Ų°Ų§ رفعت رأسك أي من Ų§Ł„Ų±ŁƒŁˆŲ¹ فأقم ŲµŁ„ŲØŁƒ حتى ŲŖŲ±Ų¬Ų¹ العظام ؄لى مفاصلها» . (ŁˆŁ„Ų§ ŁŠŁ‚ŲµŲÆ به ŲŗŁŠŲ±Ł‡، ŁŁ„Łˆ رفع فزعا) أي خوفا (من ؓيؔ لم يكف) رفعه Ł„Ų°Ł„Łƒ عن رفع الصلاة
(ŁˆŁŠŲ³Ł† رفع ŁŠŲÆŁŠŁ‡ حذو Ł…Ł†ŁƒŲØŁŠŁ‡ Ł…Ų¹ Ų§ŲØŲŖŲÆŲ§Ų” «Ų±ŁŲ¹ رأسه قائلا: سمع الله لمن حمده، ف؄ذا انتصب قال: ربنا Ł„Łƒ الحمد ملؔ Ų§Ł„Ų³Ł…ŁˆŲ§ŲŖ ŁˆŁ…Ł„Ų” الأرض ŁˆŁ…Ł„Ų” Ł…Ų§ Ų“Ų¦ŲŖ من ؓيؔ ŲØŲ¹ŲÆ، ويزيد المنفرد: أهل الثناؔ ŁˆŲ§Ł„Ł…Ų¬ŲÆ Ų£Ų­Ł‚ Ł…Ų§ قال العبد ŁˆŁƒŁ„Ł†Ų§ Ł„Łƒ Ų¹ŲØŲÆ، لا مانع لما أعطيت، ŁˆŁ„Ų§ Ł…Ų¹Ų·ŁŠ لما منعت، ŁˆŁ„Ų§ ŁŠŁ†ŁŲ¹ Ų°Ų§ الجد Ł…Ł†Łƒ الجد» ) للاتباع، Ų±ŁˆŲ§Ł‡ Ų§Ł„ŲØŲ®Ų§Ų±ŁŠ ؄لى Ł„Łƒ الحمد ŁˆŁ…Ų³Ł„Ł… ؄لى آخره، جعل عجزه Ł„Ų·ŁˆŁ„Ł‡ زيادة للمنفرد، ŁˆŲ£Ł„Ų­Ł‚ به Ų„Ł…Ų§Ł… Ł‚ŁˆŁ… Ł…Ų­ŲµŁˆŲ±ŁŠŁ† رضوا ŲØŲ§Ł„ŲŖŲ·ŁˆŁŠŁ„، ŁˆŁŠŲ¬Ł‡Ų± ال؄مام بسمع الله لمن حمده، ويسر ŲØŁ…Ų§ بعده Ų§Ł„Ł…Ų£Ł…ŁˆŁ… ŁˆŲ§Ł„Ł…Ł†ŁŲ±ŲÆ ŲØŲ§Ł„Ų¬Ł…ŁŠŲ¹

2. Hasyiah I’anat al- Thalibin juz 1 Hal 184 cet. Haramain

(و) سادسها (Ų§Ų¹ŲŖŲÆŲ§Ł„) ŁˆŁ„Łˆ في نفل، على المعتمد. ŁˆŁŠŲŖŲ­Ł‚Ł‚ (بعود) ŲØŲ¹ŲÆ Ų§Ł„Ų±ŁƒŁˆŲ¹ (لبدؔ) بأن يعود لما ŁƒŲ§Ł† Ų¹Ł„ŁŠŁ‡ قبل Ų±ŁƒŁˆŲ¹Ł‡، قائما ŁƒŲ§Ł† أو قاعدا.
ŁˆŁ„Łˆ ؓك في ؄تمامه Ų¹Ų§ŲÆ Ų„Ł„ŁŠŁ‡ غير Ų§Ł„Ł…Ų£Ł…ŁˆŁ… فورا وجوبا ŁˆŲ„Ł„Ų§ بطلت صلاته
ŁˆŲ§Ł„Ł…Ų£Ł…ŁˆŁ… يأتي بركعة ŲØŲ¹ŲÆ سلام ؄مامه
(ŁˆŁŠŲ³Ł† أن ŁŠŁ‚ŁˆŁ„ في رفعه) من Ų§Ł„Ų±ŁƒŁˆŲ¹ (سمع الله لمن حمده) أي تقبل منه حمده، ŁˆŲ§Ł„Ų¬Ł‡Ų± به لامام ŁˆŁ…ŲØŁ„Ųŗ لانه ذكر انتقال. (و) أن ŁŠŁ‚ŁˆŁ„ (ŲØŲ¹ŲÆ انتصاب) للاعتدال: (ربنا Ł„Łƒ الحمد ملؔ Ų§Ł„Ų³Ł…ŁˆŲ§ŲŖ ŁˆŁ…Ł„Ų” الارض ŁˆŁ…Ł„Ų” Ł…Ų§ Ų“Ų¦ŲŖ من Ų“Ų¦ ŲØŲ¹ŲÆ) أي بعدهما، ŁƒŲ§Ł„ŁƒŲ±Ų³ŁŠ ŁˆŲ§Ł„Ų¹Ų±Ų“. ŁˆŁ…Ł„Ų” بالرفع صفة، ŁˆŲØŲ§Ł„Ł†ŲµŲØ Ų­Ų§Ł„. أي مالئا ŲØŲŖŁ‚ŲÆŁŠŲ± ŁƒŁˆŁ†Ł‡ جسما، ŁˆŲ£Ł† يزيد من Ł…Ų±: أهل الثناؔ ŁˆŲ§Ł„Ł…Ų¬ŲÆ Ų£Ų­Ł‚ Ł…Ų§ قال العبد، ŁˆŁƒŁ„Ł†Ų§ Ł„Łƒ
Ų¹ŲØŲÆ، لا مانع لما أعطيت ŁˆŁ„Ų§ Ł…Ų¹Ų·ŁŠ لما منعت، ŁˆŁ„Ų§ ŁŠŁ†ŁŲ¹ Ų°Ų§ الجد Ł…Ł†Łƒ الجد