Recents in Beach

header ads

Islamophobia dan "Penggambaran Media Negatif Muslim" Sebuah Eksposisi Sufisme, Sebuah Kritik Atas Dugaan "Benturan Peradaban"

Oleh: Asep Bahtiar

Ada obsesi saat ini di media mainstream dan wacana akademis yang berkaitan dengan Islam dan Barat. Obsesi saat ini diwarnai dengan penanda negatif dengan penggambaran dominan media global tentang Islam dan Muslim, yang menggambarkan Muslim pada umumnya sebagai kekerasan, fanatik, fanatik, atau ekstremis dan teroris.

Islamophobia, rasa takut terhadap Islam dan Muslim, telah meningkat dengan pemboman 9/11 World Trade Center di New York, pelarangan dan pembatasan fundamentalis Taliban di Afghanistan, serangan Charlie Hebdo di Prancis, dan kemunculannya yang memproklamirkan diri sebagai "Islam Kelompok negara (ISIS) yang diduga menunjukkan video pemenggalan tahanan mereka yang lebih sering menjadi jurnalis.

Ada analisis faktual yang menunjukkan bahwa ISIS didukung secara terselubung oleh pasukan AS-NATO, sama seperti Taliban didukung oleh AS untuk melawan Uni Soviet, dan bahwa pengeboman World Trade Center 9/11 digunakan sebagai dalih untuk upah perang melawan Afghanistan (Oktober 2001) dan Irak yang kaya minyak (Maret 2003). Ini sering diberi label sebagai teori konspirasi, tetapi investigasi dan analisis yang lebih mendalam dapat membawa kebenaran di balik masing-masing peristiwa geopolitik ini.

Intinya adalah bahwa Islam telah secara konsisten digambarkan oleh media global sebagai agama yang rawan kekerasan yang sangat bertentangan dengan Barat. Pertanyaan tentang "Islam dan Barat" telah menjadi tema berbagai konferensi akademis di AS, Eropa, dan negara-negara lain termasuk Malaysia; itu juga menjadi tema tulisan analitis, wacana, dan publikasi. Tren ini menggambarkan pentingnya topik, yang memiliki arti penting bagi negara-negara lain di Asia dan Afrika di mana umat Islam dapat ditemukan.

FA Noor (2007) berpendapat bahwa "identitas Muslim dan keprihatinan umat Islam semakin didefinisikan dalam hal dialektika oposisi yang menghantam Islam dan Muslim terhadap seluruh dunia" (hal. 261), karena Islamophobia telah menjadi media arus utama. wacana “di mana gambar-gambar Muslim sebagai fanatik pembunuh berlimpah-limpah dalam film, video, dan permainan komputer” (h. 267).

Dia mengusulkan bahwa solusi untuk kesulitan yang dihadapi oleh umat Muslim di seluruh dunia dapat ditemukan dalam korpus teologi dan praksis Islam sendiri, khususnya dalam konsep tauhid, yang mengacu pada kesatuan semua ciptaan dan persamaan mendasar dari bentuk tunggal. umat manusia. Ide tauhid mengingatkan umat Islam bahwa semua manusia adalah sama dan dengan demikian berhak atas bagian mereka sendiri dari rasa hormat dan martabat.

Karena permusuhan dan kesalahpahaman antara Muslim dan Kristen bertahan dalam dugaan "benturan peradaban", Noor (2007) menegaskan bahwa ada kebutuhan mendesak bagi umat Islam untuk keluar dari kebiasaan ini dengan mengalihkan fokus mereka ke isu-isu dan kekhawatiran lain yang lebih universal. di alam seperti perdebatan globalisasi, khususnya,

"Gerakan lingkungan, gerakan pasifis melawan perang dan perdagangan senjata, kampanye untuk kerja yang setara, kampanye melawan eksploitasi anak-anak dan terakhir gelombang anti-globalisasi ...." (hal. 274).

Ketika keprihatinan Muslim untuk keadilan, kesetaraan, hak dan kebebasan diartikulasikan dalam konteks dunia tanpa batas di mana penonton tidak hanya Muslim tetapi dunia secara keseluruhan, itu akan menjadi waktu ketika "citra Islam dan Muslim akan berdiri di atas gambar mentah dan beracun yang kita lihat hari ini ”(hlm. 276).

Sehubungan dengan ide-ide Noor yang dikemukakan di atas, penting sekali untuk menangkal penggambaran media yang dominan negatif tentang Islam dan Muslim dengan eksposisi ringkas tentang fenomena Sufisme, yang hampir tidak digambarkan atau dipahami oleh media Barat, melalui tulisan-tulisan dua spiritual Sufi Turki. master, yaitu: Osman Nuri Topbas tentang spiritualitas Sufi, dan Nursi Bediuzzaman Said pada kebutuhan untuk Kristen dan Muslim untuk bersatu dalam kritik peradaban modern. Merupakan sifat media untuk melaporkan novel, sensasional, ganjil, dramatis, luar biasa tetapi bukan kejadian biasa dalam kehidupan. Oleh karena itu, berkenaan dengan Islam, ia tidak melaporkan tentang Muslim yang cinta damai, atau perjuangan Muslim untuk kekudusan dan jihad harian melawan ego dan godaan alami mereka, atau koeksistensi damai antara Muslim dan Kristen di berbagai belahan dunia. Melalui eksposisi tasawuf, akan ditunjukkan bahwa orang-orang Muslim yang benar-benar mencari jalan menuju kekudusan dan persatuan dengan Tuhan tidak akan pernah menjadi pembunuh di dalam hati mereka tetapi akan dipenuhi dengan kelembutan dan belas kasih yang mendalam bagi semua.

Sufisme: Mengejar kesucian, pemurnian, dan jalan cinta

Kekayaan spiritualitas Islam paling baik dilihat dalam fenomena Sufisme, yang oleh Osman Nuri Topbas (2011) didefinisikan sebagai "upaya untuk mengejar gaya hidup yang harmonis dengan esensi agama, dengan memurnikan diri dari cacat material dan moral, dan mewujudkan, di tempat mereka, keindahan perilaku moral ”(hal. 31).

Sufisme ada sejak abad-abad awal ketika beberapa Muslim menekankan potensi pesan Al-Qur'an untuk mempengaruhi transformasi batin orang percaya dengan mengadopsi banyak praktik asketis keras dari biarawan Kristen di padang pasir (Michel, 1997). Pada abad ke-13, Ordo atau Persaudaraan para Sufi ada, masing-masing dengan bentuk doa dan pola latihan spiritualnya sendiri, sering kali dengan pakaian khasnya sendiri, loge, dan metode inisiasi. Mereka umumnya menekankan kekuatan transformasi cinta Tuhan dalam hati manusia dan memahami Islam sebagai jalan untuk mencapai kesatuan cinta dan kemauan dengan Tuhan (Michel, 1997). Sufisme masih sangat hidup dan aktif di banyak bagian dunia Islam seperti di Afrika Barat, Maghrib, Mesir, Sudan, Asia Selatan, Mesir, Turki, Pakistan, dan Indonesia.

Sufisme memiliki cabangnya tergantung pada metode atau tariqah yang digunakan. Yang pertama adalah jalan untuk kebaikan yang berfokus pada amal ibadah dan kesalehan; yang kedua adalah jalan bagi yang berbudi luhur yang berkonsentrasi memurnikan jiwa manusia melalui latihan dan layanan spiritual; dan yang ketiga adalah jalan untuk kekasih yang bertujuan mencapai tujuan yang sama melalui cinta. Osman Nuri Topbas (2011, pp. 32-49) menjelaskan beberapa definisi Sufisme yang ditawarkan oleh orang-orang kudus sesuai dengan manifestasi spiritual yang diistimewakan dengan:

Cara Sufi melambangkan ciri-ciri dan kepantasan karakter yang patut diteladani. Cara Sufi adalah tentang memurnikan hati dan jiwa.

Cara Sufi adalah pertempuran spiritual tanpa henti melawan ego dan segala macam godaan alami yang menempatkan Muslim menjauh dari jalan Yang Maha Kuasa.

Sufisme berarti kesungguhan (ikhlas) yang berarti menawarkan semua tindakan ibadah semata-mata demi Yang Mahakuasa, tanpa ada pertimbangan lain yang mengganggu hati.

Sufisme berarti berdiri tegak di jalan lurus yang berarti bertindak sesuai dengan moral dan peraturan sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah.

Cara Sufi adalah ketaatan dan ketaatan kepada Tuhan yang memerlukan membangun sentimen kepuasan dan penyerahan kepada Tuhan jauh di dalam hati untuk lebih dekat kepada-Nya dan merasakan Divine Gaze-Nya mengawasi dia sepanjang waktu.

Osman Nuri Topbas mengutip Ibrahim Effendi, Syekh terkenal dari Sufi Lodge of Aksaray, yang dengan fasih mendefinisikan jalan Sufi dalam ayat-ayat seperti berikut:

Menjadi seorang Sufi, adalah menyalakan lilin hati dengan api Ilahi,

Dan karenanya melemparkannya ke dalam api cinta, untuk membakar selamanya lebih….

Menjadi seorang Sufi adalah berkenalan dengan cara-cara Tuhan;

Dan karena itu untuk mengulurkan tangan bantuan dan menyembuhkan orang yang membutuhkan.

Menjadi seorang Sufi adalah menjadi gembira dan bingung dalam kehadiran Tuhan,

Untuk takjub di hadapan rahasia-rahasia Ilahi.

Menjadi seorang Sufi adalah mencapai Timur dan Barat dalam sekejap mata;

Untuk itu merawat semua orang dan menawarkan mereka tempat berlindung.

Menjadi seorang Sufi berarti menyerahkan jiwa kepada yang dicintai dan menjadi bebas;

Untuk tetap bersama yang dicintai selamanya lebih.

Ungkapan-ungkapan di atas hanyalah beberapa teks tafsiran dari kata-kata yang luhur yang ditulis oleh Ibrahim Effendi seperti dikutip oleh Osman Nuri Topbas dalam bukunya tentang Sufisme. Dengan aspirasi luhur seorang Sufi di jalan menuju kesucian dan mempertimbangkan bahwa Sufisme adalah semangat Islam, Talibans, Abu Sayyaf, dan ISIS tidak dapat benar disebut Muslim tetapi agak menyimpang dan penyimpangan Islam dan kemanusiaan.

Ada alasan mengapa Muslim merasa marah dan antipati terhadap Barat, khususnya terhadap Amerika. Pada masa sebelumnya, kemarahan itu disebabkan oleh ekspansi imperialis Kerajaan Inggris di tanah-tanah Muslim. Pada masa kontemporer, Noor dan Moten (2007) menjelaskan bahwa Muslim marah melihat rekan agama mereka dibunuh di Afghanistan oleh pasukan AS dan Irak yang berkembang secara ilegal menyerbu dan dihuni dengan kematian dan kehancuran yang tak terhitung.

Mereka juga menentang kebijakan Amerika yang tidak seimbang, pro-Israel dalam konflik Palestina-Israel dengan dukungannya atas pendudukan Israel terus-menerus atas tanah Palestina yang ditandai dengan serangan brutal dan berdarah ke kamp-kamp Palestina. Tindakan neo-imperialis oleh pasukan AS dan NATO ini adalah bagian dari skema yang lebih besar untuk menempatkan bangsa di bawah hegemoni politik, budaya, dan ekonomi dari elit global, termasuk mereka yang mengatur lembaga-lembaga Bretton Woods (Bank Dunia, IMF) dan WTO. . Baik orang Kristen maupun Muslim perlu mengkritik, mengekspos, dan mengecam tindakan neo-imperialis AS dan pasukan sekutunya.

Muslim berdiri bertentangan dengan Barat dalam cara hidup mereka yang teosentrik sedangkan Barat ditandai dengan pemisahan gereja dan negara, yang menyebabkan sekularisme dan humanisme yang meluas. Bediuzzaman Said Nursi (sebagaimana dikutip dalam Michel, 2005, hlm. 87-88) mampu mengidentifikasi dengan jelas lima prinsip negatif di mana peradaban modern didirikan:

Kepentingan diri dan persaingan,

Hukum rimba, semua orang untuk dirinya sendiri,

Ras dan bangsaku lebih unggul,

Saya memiliki hak atas apapun yang saya inginkan.

Nursi benar melihat bahwa jika orang membangun peradaban pada prinsip-prinsip konflik, persaingan, dan permusuhan, hasilnya pasti akan menjadi perang dan saling menghancurkan. Hal ini dibuktikan dengan serangan gencar dari dua Perang Dunia yang melanda banyak negara di dunia, dan perang yang terus berlanjut atau ancaman perang di antara bangsa-bangsa saat ini. Said Nursi juga melihat bahwa musuh kebahagiaan manusia dan kejujuran etika adalah ketidakpercayaan, tidak beragama, yang menyiratkan bahwa orang memutuskan untuk menemukan jalan mereka sendiri melalui kehidupan tanpa mencari bimbingan ilahi. Menghadapi musuh umum ketidakpercayaan, Nursi menyeru umat Islam untuk bersatu tidak hanya dengan rekan seiman mereka sendiri tetapi juga dengan orang Kristen yang benar-benar saleh untuk menawarkan kepada dunia modern visi kehidupan manusia dan masyarakat di mana Tuhan adalah pusat dan kehendak Tuhan adalah norma nilai-nilai moral.

Peradaban Barat telah membawa banyak kebaikan dan kemajuan bagi banyak orang tetapi berbagai arus pemikiran dalam sejarah Barat telah memungkinkan kualitas negatif dari peradaban modern muncul dan kadang-kadang mendominasi kebaikan. Nursi mengidentifikasi dua perkembangan negatif dalam peradaban Barat yang telah menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia (seperti dikutip dalam Michel, 2005, hlm. 29-30). Yang pertama adalah bahwa peradaban Barat menjadi jauh dan terasing dari Kekristenan sejati dan mendasarkan pandangan pribadi dan masyarakatnya pada prinsip-prinsip filsafat Yunani-Romawi antroposentrik yang meninggikan pribadi manusia ke pusat alam semesta dan mendorong Tuhan ke batas-batasnya. Yang kedua adalah ketidaksetaraan yang mengerikan dalam cara mata pencaharian orang karena kebijakan pasarnya yang tidak terkendali. Arus negatif ini, menurut Nursi, berusaha untuk menghancurkan baik Muslim dan Kristen dengan mengasingkan mereka dari sumber nilai spiritual dan moral dan dengan menciptakan permusuhan antara Kristen dan Muslim. Nursi menolak budaya kapitalis dan peradaban dekaden yang disebutnya Eropa Kedua, yang didirikan bukan pada etika Kristen tetapi pada filsafat daripada agama. Tulang punggung peradaban dekaden global ini dengan tujuan utama kenikmatan sensual adalah "budaya populer" Amerika; Oleh karena itu, bagi Said Nursi, bentrokan peradaban pada dasarnya adalah bentrokan antara peradaban dekaden dan peradaban yang berbudi luhur, dengan peradaban Islam menjadi pilar "peradaban berbudi luhur" (Aydin, 2005). Nursi menolak budaya kapitalis dan peradaban dekaden yang disebutnya Eropa Kedua, yang didirikan bukan pada etika Kristen tetapi pada filsafat daripada agama. Tulang punggung peradaban dekaden global ini dengan tujuan utama kenikmatan sensual adalah "budaya populer" Amerika; Oleh karena itu, bagi Said Nursi, bentrokan peradaban pada dasarnya adalah bentrokan antara peradaban dekaden dan peradaban yang berbudi luhur, dengan peradaban Islam menjadi pilar "peradaban berbudi luhur" (Aydin, 2005). Nursi menolak budaya kapitalis dan peradaban dekaden yang disebutnya Eropa Kedua, yang didirikan bukan pada etika Kristen tetapi pada filsafat daripada agama. Tulang punggung peradaban dekaden global ini dengan tujuan utama kenikmatan sensual adalah "budaya populer" Amerika; Oleh karena itu, bagi Said Nursi, bentrokan peradaban pada dasarnya adalah bentrokan antara peradaban dekaden dan peradaban yang berbudi luhur, dengan peradaban Islam menjadi pilar "peradaban berbudi luhur" (Aydin, 2005).

Nursi menafsirkan perintah Alquran untuk datang ke 'istilah umum' dengan Umat Kitab untuk mengartikan bahwa orang-orang Muslim dan Kristen harus mencapai kesadaran bersama tentang misi bersama mereka untuk menjadi saksi bagi nilai-nilai Ilahi di tengah-tengah peradaban modern. . Dia menyatakan melalui tulisan-tulisannya yang jauh dari terbagi oleh 'bentrokan peradaban', Muslim dan Kristen "dipanggil untuk bekerja sama untuk melakukan dialog peradaban kritis dengan pendukung modernitas" (Michel, 2005, hal. 31) .

Kesimpulan

Penggambaran media yang dominan negatif tentang Islam dan Muslim perlu diseimbangkan dengan pengetahuan luas tentang Muslim yang cinta damai yang mengejar jalan menuju persatuan cinta dan kemauan dengan Tuhan. Begitulah fenomena Sufisme yang telah ada sejak abad-abad awal dan masih aktif dan berkembang di banyak bagian dunia Islam khususnya di Turki. Muslim sejati, seperti orang Kristen sejati, dengan tulus mengejar jalan kekudusan untuk mencapai kesatuan cinta dan kemauan dengan Tuhan; Oleh karena itu, kelompok-kelompok pembunuh dan kejam seperti ISIS, Talibans, dan Abu Sayyaf bukan Muslim sejati tetapi agak menyimpang dan penyimpangan Islam. Kemarahan umat Islam terhadap Barat, khususnya terhadap Amerika, adalah karena tindakan neo-imperialis yang belakangan ini seperti invasi yang tidak adil terhadap Irak, perangnya di Afghanistan, dukungannya terhadap gangguan Israel di kamp-kamp Palestina, dan penyebaran nilai-nilai kapitalis globalnya di seluruh dunia. Said Nursi benar melihat bahwa orang Kristen dan Muslim perlu bersatu dalam misi bersama untuk menjadi saksi nilai-nilai ilahi di tengah-tengah peradaban modern. Penulis setuju dengan Nursi karena ada kesamaan yang sangat mendalam dalam spiritualitas Islam dan spiritualitas Kristen, dan pada tingkat spiritualitaslah dua agama besar ini dapat menemukan kesatuan dan konvergensi mereka.