Recents in Beach

header ads

BELUM JUGA DI SOLATI, EH MAYATNYA MALAH DIBAWA PERGI


Hasil Bahts Masail 1981 di PP. Asembagus Situbondo
Pertanyaan:
Ada orang berdomisili di Malang umpamanya kemudian ia meninggal di Surabaya. Lalu mayatnya sebelum dishalati di Surabaya (tempat tinggal) langsung dibawa ke Malang (tempat ia berdomisili). Bagaimana memindah mayat yang belum dishalati itu dari tempat tinggal?
Jawaban:
Ada perbedaan pendapat antara Imam Baghowi yang mengatakan makruh dan Imam Mutawalli yang mengatakan haram.
Dasar Pengambilan Hukum:
1. Al-Mahali, Hamisy al-Qolyubi, juz I, Hlm. 351-352
(وَيَحْرُمُ نَقْلُ الْمَيِّتِ) قَبْلَ دَفْنِهِ مِنْ بَلَدِ مَوْتِهِ (إلَى بَلَدٍ آخَرَ) لِيُدْفَنَ فِيهِ (وَقِيلَ: يُكْرَهُ إلاَّ أَنْ يَكُونَ بِقُرْبِ مَكَّةَ أَوْ الْمَدِينَةِ أَوْ بَيْتِ الْمَقْدِسِ) فَيُخْتَارُ أَنْ يُنْقَلَ إلَيْهَا لِفَضْلِ الدَّفْنِ فِيهَا (نَصَّ عَلَيْهِ) الشَّافِعِيُّ t وَلَفْظُهُ لاَ أُحِبُّهُ إلاَّ أَنْ يَكُونَ إلَى آخِرِهِ، وَقَالَ بِالْكَرَاهَةِ الْبَغَوِيّ وَغَيْرُهُ، وَبِالْحُرْمَةِ الْمُتَوَلِّي وَغَيْرُهُ
"Haram memindah mayit sebelum di qubur dari daerah mayitnya ke daerah lain untuk dikubur disitu. Ada pendapat yang mengatakan makruh kecuali jika dekat dengan Makkah, Madinah atau Baitul Muqaddas. Maka sebaiknya dipindah ke sana ada keutamaan mengubur di sana, hal ini sesuai nashnya Imam Syafi’i. dan Imam baghowi, dan lainnya mengatakan makruh seperti Imam mutawalli dan lainnya mengatakan haram (memindah)".

SOLUSI NAHDIYIN.NET